Selasa, 08 April 2014

My sickness


Auuchhhh…Bleeding again…! T__T
My mouth bleeding again if I woke up from my sleep.. what the hell..!
It’s irritated so much..


Udah dua tahun belakangan ini mulut gue sering penuh darah ketika gue bangun tidur, itu karena gusi gue berdarah,, penuh darah di mulut gue, gawat banget bisa-bisa gw anemia nih, kekurangan darah.
Mungkin ini ada hubungannya sama masalah pada mulut,gusi,dan gigi gw. 
Ya,, gw punya masalah sama mereka.. tapi lama kelamaan gw abaikan aja, karena ga terlalu parah dan ga ganggu-ganggu hidup gw banget sih. Gak ada keluhan rasa sakit juga. So gw abaikan aja paling besok-besok dah sembuh, and then… till now my gums bleeding again, again, and again, I can’t avoid it.

Sampai suatu hari gw coba googling tentang penyebab gusi berdarah dan gw dapetin ini:

Gusi berdarah terjadi akibat kesalahan ketika menggosok gigi yang terlalu keras dan mendorong sikat gigimelewati batas garis gusi sehingga melukai gusi dan gusi mengalami peradangan.
Selain akibat kesalahan dalam menggosok gigi. Gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh kurang perhatian dalam menjaga kebersihan gigi dan sering membiasakan mencungkil sisa makanan yang terselip dengan menggunakan tusuk gigi.
Gusi berdarah yang terus terjadi dapat mengakibatkan gingivitis yang merupakan penyakit kronis pada gigi yang diakibatkan oleh penumpukkan plak pada gigi dan gusi. Kemudian menyebabkan gusi berdarah
Gusi berdarah mempunyai ciri seoerti gusi kemerahan, gusi menjadi bengkak, secara reflex atau spontan gusi mengelluarkan darah baik saat menyikat gigi atau dalam keadan gigi rileks. Cirri inin merupakan gejala awal dari operadangan gusi (gingivitis). Selain itu gusi berdarah akan menjadi sering terjadi yang disertai dengan pembengkakkan gusi, rasa gatal pada gusi dan sering noda darah yang menempel di gigi saat bangun tidur atau hendak menyikat gigi.


Nah ternyata seperti itu. Sekitar 70% statement di atas benar seperti apa yang gw lakuin terhadap gusi gw. Gw jadi takut dan ngerasa bersalah banget karena telah nyiksa gusi gw sendiri secara beringas. 
  Im so sorry…

Dan saat itu gw googling juga tentang cara mengatasi gusi berdarah yang telah gw rangkum sesuai dengan sikon gw sendiri yang memungkinkan gw praktekin. Ada 6 yang gw recommended buat lo :

1.   Cobalah Perasan Air Lemon
Air perasan dari lemon bisa digunakan untuk berkumur-kumur. Air lemon ternyata memang memiliki kandungan-kandungan yang bisa membunuh kuman-kuman dalam rongga mulut sehingga memang sangat berkhasiat sekali dalam hal mengobati gusi berdarah dan pembengkakan gusi. Gunakanlah perasan air lemon untuk berkumur-kumur 2 sampai 3 kali dalam sehari selama selang waktu beberapa menit.

     2.   Berkumur dengan Daun Jarak dan Kapur sirih
Cara membuatnya relatif cukup mudah, yaitu hanya dengan cara merebus 1 sendok makan kapur sirih dan 5 lembar daun jarak yang sudah dibersihkan dengan kurang lebih 4 gelas air lalu kemudian menggunakan air rebusan tadi sebagai obat kumur-kumur

3.    Cobalah Menyikat Gusi dengan Jus stroberi dan Perasan lemon
Vitamin C juga banyak sekali terkandung dalam buah stroberi. Vitamin C sudah dikenal lama ampuh mengobati infeksi. Lalu perasan lemon..? Perasan lemon juga sudah dikenal sangat mampu membantu mengobati berbagai macam infeksi. Blenderlah kurang lebih 3-4 buah stroberi kemudian campurkanlah dengan satu sendok makan air perasan lemon. Kemudian gunakan campuran dari buah stroberi dan perasan air lemon tadi untuk menyikat gusi secara perlahan. Jangan lupa gunakan sikat gigi yang cenderung lembut lantas bilaslah gusi dengan air bersih.

4.    Cobalah untuk Konsumsi Yoghurt putih polos
Fungsi lain yoghurt putih adalah dapat membantu membunuh bakteri-bakteri di mulut. Konsumsilah yoghurt putih dan gosok-gosokkan sedikit pada gusi.

5.    Konsumsi Selalu Bawang putih
Semua mengenal bawang putih. Lalu.? Bawang putih dikenal memiliki sejumlah efek antibiotik untuk bisa melawan infeksi gusi. Perbanyaklah konsumsi bawang putih ataupun juga suplemen bawang putih yang berguna untuk membantu melawan infeksi pada gusi secara alamiah dan aman.

6.   Jangan Lupa Larutan Air Garam
Selain telah menjadi salah satu cara untuk bisa mengobati sakit gigi yang dikarenakan berlubang dan dapat pula mengobati mencret ataupun juga diare, larutan dari air garam juga dipercaya sangat bisa menjadi salah satu cara untuk dapat mengobati gusi berdarah serta terjadi bengkak. Buatlah larutan air garam dengan cara menggunakan kurang lebih satu sendok makan garam yang telah dicampur dengan segelas air hangat suam-suam kuku lalu aduk sampai merata. Untuk mpenggunaannya digunakan sebagai obat kumur untuk selang waktu beberapa menit dan dapat saja dilakukan beberapa kali dalam sehari.


Semoga dengan tips diatas kita semua bisa mendapatkan gusi yang sehat dan normal ya. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar